TNI-Polri dan Relawan Bangun Tanggul Darurat di Kawasan Berikat PT Lamicitra

Semarang, Patroli-
Segenap personil TNI-Polri beserta relawan saling bahu membahu dalam pembuatan tanggul darurat untuk menahan tekanan pasang laut di kawasan berikat PT Lamicitra kompleks Pelabuhan Tanjung Emas, di Semarang, Jawa Tengah.

Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng Kombes Pol Hariadi, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, dan Komandan Kodim (Dandim) 0733 Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana bersama para personelnya ikut terjun langsung dalam proses membangun tanggul yang jebol beberapa hari lalu.

Sementara para relawan yang ikut serta bergotong-royong hari itu diantaranya adalah masyarakat umum, para pekerja, dan mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP).

Kombes Pol Hariadi menyampaikan, pembuatan tanggul darurat dilakukan dengan karung pasir (sandbag) dan material bambu guna mengoptimalkan penanganan limpasan air laut yang dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan genangan banjir dan rob yang cukup parah karena tanggul jebol.

”Dua titik tanggul yang jebol sudah relatif teratasi, kalaupun masih ada air yang masuk sifatnya hanya rembesan saja,” ujarnya kepada awak media di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (27/5).

Ditpolairud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, Dandim 0733 Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana terjun langsung bersama relawan untuk membangun dua titik tanggul darurat di kawasan berikat PT Lamicitra di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (27/5). (Foto: Endang M.)

Dirinya juga menyampaikan selama melakukan pemasangan tanggul darurat secara umum tidak ada kendala. ”Optimalisasi penanganan dengan tanggul darurat ini agar bisa mencapai 100 persen dan fungsinya untuk menahan air laut,” jelas Kombes Pol Hariadi.

Kepada para petugas dan relawan yang hari itu saling bahu membahu membangun tanggul darurat, Hariadi mengatakan supaya tetap menjaga kesehatan. ”Jika memerlukan obat-obatan dan vitamin silahkan hubungi kami,” tuturnya.

Ditpolairud Polda Jateng itu mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah ikut membantu menutup dua titik tanggul yang jebol tersebut.

”Terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat, relawan, mahasiswa UNDIP dan anggota TNI-Polri atas dedikasinya untuk keberhasilan penutupan tanggul di kawasan berikat PT Lamicitra,” imbuhnya. (Endang/Foto: Ist./Endang)

Leave a Reply