July 14, 2024

BPBD DKI Jakarta: Masyarakat Diimbau Waspada Banjir Pesisir 11-17 Juni 2022

Jakarta, Patroli-
Berdasarkan Siaran Pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) tanggal 11 sampai dengan 17 Juni 2022.

Pada waktu tersebut bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi). Hal tersebut berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat untuk waspada potensi banjir pesisir (ROB) di wilayah pesisir DKI Jakarta, yakni di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji, Sabtu (11/6), mengatakan, masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir.

”Agar masyarakat senantiasa memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112,” pungkasnya.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG melalui:

Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok: 0813 1676 0711
Facebook: Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok
Instagram: @bmkgpriok @infobmkg @bmkgmaritim
Twitter: @bmkgpriok @infobmkg
Website: maritim.bmkg.go.id

(Red/Fy/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *