May 19, 2024

Sumur Bor di Desa Cibalung Bogor Terbengkalai, Warga: Sudah Hampir Setahun Jadi Pajangan

Bogor, Patroli-
Desa Cibalung Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merupakan salah satu wilayah yang kerap menjadi langganan bencana kekeringan di saat musim kemarau.

Untuk mengatasi persoalan tersebut warga Kampung Pangrasan RT 03 RW 05 Desa Cibalung Kabupaten Bogor berinisiatif membangun sumur bor sebagai alternatif sumber mata air.

Lahan yang dijadikan tempat pemasangan sumur bor merupakan hibah dari seorang masyarakat setempat bernama Ucun.

Belakangan Ucun mengeluh lantaran sumur bor yang menjadi alternatif andalan masyarakat saat kekurangan air bersih, sekarang ini dalam keadaan tidak berfungsi dan terbengkalai.

Ia sangat menyayangkan kurangnya respon pemerintah setempat untuk perbaikan sumur bor tersebut, terlebih dirinya sudah menghibahkan lahan untuk program air bersih bagi kepentingan orang banyak.

”Kami sudah sampaikan keluhan kepada pihak pemerintah desa. Akan tetapi sampai saat ini tanggapan yang diterima sangat tidak memuaskan,” ujar Ucun, kepada awak media Patroli di Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/6).

Diungkapkannya, pembangunan sumur bor yang dimulai sejak awal November 2020 silam tersebut, diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 360 juta.

”Kedalaman sumur bor tersebut kurang lebih 96 meter yang berdiri di atas tanah saya seluas 40 meter persegi,” pungkas Ucun.

Sementara itu, Tim Pelaksana Kegiatan/Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Cibalung Wahyu saat dikonfirmasi lewat pesan singkat WhatsApp mengungkapkan bahwa terkait masalah ini pihaknya sudah berupaya dengan berkoordinasi ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor.

”Katanya sudah ada yang ngecek ke lokasi. Kebetulan waktu itu saya sedang ada di pemda jadi saya tidak ketemu dengan orang PUPR,” jawabnya.

Dirinya memberikan klarifikasi bahwa untuk pengerjaan sumur bor dilakukan oleh Dinas PUPR, serta pelaksana hasil lelang pun dilakukan oleh pihak yang sama.

”Jadi saya bukan TPK pelaksana pembangunan sumur bor tersebut. Terima kasih,” tutup anggota TPK Desa Cibalung itu.

Kepada wartawan yang sedang melakukan peliputan, salah seorang warga sekitar mengutarakan harapannya agar persoalan sumur bor di desanya dapat segera teratasi dan bisa kembali berfungsi.

”Sudah beberapa kali pun dilaporkan ke pihak desa, belum ada tanggapan sampai sekarang. Sudah hampir satu tahun sumur bor jadi pajangan Kampung Pangrasan,” tukasnya. (MD Bustomi/Foto: MD Bustomi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *