Festival Sholawat Al-Banjari se Jateng dan DIY ke VII Piala Kapolres Salatiga Kembali Digelar

Salatiga, Patroli-
Dalam Rangka Haul ke Vll Pendiri Ponpes Al Falah Almukarom KH Zoemri RWS, PPTI (Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam) Al-Falah Dukuh Sidomukti Salatiga bersama Kepolisian Resor (Polres) Salatiga kembali menyelenggarakan Festival Sholawat Al-Banjari se Jateng dan Daerah Istimewa Jogyakarta (DIY) memperebutkan Piala Kapolres Salatiga, di Lapangan Kecandran Sidomukti, Salatiga, Jawa Tengah, Senin (18/7).

Festival sholawat yang merupakan agenda rutin tiap tahun kali ini diikuti 18 Kelompok utusan dari Ponpes maupun Yayasan dari Jawa Tengah dan DIY dan 19 grup dari berbagai daerah seperti Salatiga, Magelang, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Pekalongan dan Yogyakarta.

Untuk penilaian dalam festival tersebut meliputi vocal, aransemen, dan adab syair (perfome) untuk untuk memperebutkan Juara 1, 2, dan 3 Piala Kapolres Salatiga dan Terbaik 4, 5 dan 6.

Dalam sambutannya Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana mengucapkan selamat datang kepada seluruh hadirin dan peserta Festival Sholawat Al-Banjari dalam rangka Haul ke VII KH Zoemri RWS.

”Saya datang lagi ke Ponpes Alfalah yang ke 3 kalinya untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar PPTI Al Falah. Para peserta yang berada di sini adalah generasi penerus masa depan,” ucapnya.

Indra berharap semuanya dapat bisa berkiprah di tengah masyarakat dan bangsa Indonesia dan dapat meniru KH Zoemri dalam kiprahnya di dalam masyarakat.

“Apa yang kalian pelajari di Ponpes ini semoga dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari dalam menjunjung persatuan NKRI,” tuturnya.

Tujuan dilaksanakan festival ini, sambung Indra, untuk merekatkan tali silaturahim khususnya antara Polres Salatiga dengan seluruh elemen masyarakat sebagai wujud Polri Hadir.

Ia menambahkan, selain itu juga merekatkan silaturahmi antar peserta yang mengikuti festival serta dalam rangka menyemarakkan Haul ke VII Pendiri Ponpes Al Falah Almukaromah KH Zoemri RWS yang sangat dekat dengan Polri, khususnya Polri Salatiga.

”Ini merupakan wadah kegiatan yang positif bagi para pemuda penerus bangsa. Dengan adanya festival ini semoga kita semua mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, dan meningkatkan  antusiasme sholawat di Kota Salatiga dan semakin dekat dengan Allah SWT,” tutup AKBP Indra Mardiana.

Sementara itu Juara ke 1 festival tahun ini diraih oleh group Diva Voice dari Batur Getasan Kabupaten Semarang. Kemudian untuk Juara ke 2 adalah Shofwaturrohman, dan posisi Juara ke 3 adalah Sfifa Nada.

Kemudian untuk Juara Terbaik ke 4 adalah Robbi Fanfa’na, disusul Juara Terbaik ke 5 adalah MS Magelang, dan Juara Terbaik ke 6 adalah Tibbil Qulub.

Sebagai pemenang pertama, Diva Voice berhak memboyong Piala Kapolres Salatiga yang diserahkan langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana.

Dikesempatan yang sama, salah seorang personil dari group Diva Voice mengatakan sangat bersyukur atas prestasi tropi yang mereka raih. Menurutnya dengan adanya festival Sholawat Al-Banjari bisa saling bersilaturahim dengan grup yang lain.

”Bisa menjadi juara tentunya merupakan bonus tersendiri, karena yang utama adalah turut serta menggaungkan Sholawat Nabi Muhammad SAW,” ucapnya dengan penuh semangat. (Endang/Humas SL3/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published.