May 27, 2024

Kriyanusa 2022: Dekranasda DKI Jakarta Raih Beragam Penghargaan

Jakarta, Patroli-
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta berhasil meraih beberapa penghargaan pada Pameran Kriyanusa tahun 2022. Kegiatan pameran tersebut diselenggarakan di Hall A Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, yang berlangsung sejak 21 sampai dengan 25 September 2022.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPPKUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, dengan tema kegiatan ‘Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing’ diharapkan dapat menjadi salah satu sinyal kebangkitan industri kriya Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan antusias para pengrajin dalam acara ini. Besar harapan kami pameran ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan perluasan pasar kriya Indonesia,” ujar Ratu di Jakarta, Selasa (27/9).

Lebih lanjut, Ratu mengatakan, pameran kerajinan berskala nasional tersebut diselenggarakan setiap tahun oleh Dewan Kerajinan Nasional sebagai komitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kriya Indonesia.

Dalam pameran tersebut, Dekranasda DKI Jakarta berhasil mendapatkan penghargaan untuk beberapa kategori. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Bidang Pendanaan Dekranasda Elisa Tjandra Tohir selaku kepada Elisabeth Ratu Rante Allo yang mewakili Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati.

Foto: Ist./PPID DKI Jakarta

Berikut adalah penghargaan Dekranasda DKI Jakarta pada beberapa kategori, yaitu Juara 1 Penataan Stand Dengan Produk Terbaik Pameran Kriya Nusa 2022, Produk Unggulan Berpotensi: Outer Batik dan Tenun karya Batik Marunda, dan Produk Unggulan Berpotensi: Cutting Board karya Dcraft Indonesia.

Adapun pengrajin yang mengisi stand DKI Jakarta pada pameran Kriyanusa 2022, antara lain Reny Feby Jewellery, Hana Jewellery, Fitri Designs Jewellery, Batik Marunda, Batik Betawi Tambora, Racheli Indonesia, Kaenina, AdelaEcoDye, Jarit, Lungsin, Putu Art Shop, dan Dcraft Indonesia.

Pameran Kriyanusa 2022 menjadi ruang strategis dalam mempromosikan produk-produk kriya dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, pameran ini juga menjadi perwujudan nyata bahwa produk kriya dalam negeri mampu bangkit meski pandemi COVID-19 sempat menghantam perekonomian bangsa. (Fy/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *