April 20, 2024

Delegasi RI Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Turki

Jakarta, Patroli-
Delegasi Pemerintah Republik Indonesia (RI) yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi rumah sakit lapangan tim medis darurat (EMT) Indonesia di Distrik Hassa, Provinsi Hatay, Turki, pada Rabu (23/2) sore. Delegasi RI menyerahkan langsung bantuan kemanusiaan bagi warga terdampak gempa Turki.

“Saya baru saja menyerahkan bantuan kemanusiaan gelombang keempat dari rakyat, pemerintah, dan NGO yang ada di Indonesia. Ini adalah pesawat khusus kemanusiaan terakhir, tetapi bukan bantuan kemanusiaan terakhir. Artinya, Insyaallah akan ada bantuan-bantuan berikutnya,” ujarnya, dikutip laman setkab.go.id, Kamis (23/2).

Menurut Muhadjir, pemberian bantuan ini adalah bentuk perhatian antara pemerintah Indonesia kepada pemerintah Turki dan hubungan dekat antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Turki. Pemerintah dan rakyat Turki juga selalu hadir ketika Indonesia mengalami musibah, misalnya bencana tsunami Aceh pada 2004 dan gempa bumi Palu.

“Ketika tsunami 2004, pemerintah dan rakyat Turki hadir lebih dulu dibandingkan negara-negara lain. Bahkan, sekarang di Aceh ada kampung Turki, itu adalah kampung yang dibangun masyarakat Turki ketika kita menghadapi musibah tsunami,” terangnya.

Misi kemanusiaan di Turki ini, kata Muhadjir Effendy, melibatkan lebih dari 250 personel, lima pesawat kargo kemanusiaan, sekitar 110 ton kargo, 50 kontainer suplai makanan instan, satu rumah sakit lapangan, dan dua dapur umum yang melayani 24 jam tiap hari.

“Misi kemanusiaan untuk Turki ini adalah misi terbesar yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu negara sahabat yang selama ini telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia,” ungkapnya.

Lebih jauh, Muhadjir juga menyebutkan bahwa Indonesia mengirim beberapa tim dalam misi kemanusiaan kali ini. Tim tersebut terdiri atas tim Medium Urban SAR, tim medis darurat (EMT) beserta rumah sakit lapangan, hingga tim angkutan logistik udara beserta satu pesawat Hercules C-130 yang membantu pemerintah Turki mengangkut logistik maupun korban di daerah terdampak gempa.

Sebagai dua negara yang cukup sering terdampak bencana alam, Menko PMK Muhadjir Effendy pun mengharapkan kedua negara bisa terus saling belajar dari satu sama lain dalam penanganan bencana.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut yaitu Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto dan Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal. Sementara dari pihak Turki hadir Gubernur Yalova Muammer Erol yang menerima bantuan secara simbolis. (Red/Foto: Ist./BPMI Setpres)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *