Kapolres Bogor Larang Keras Masyarakat Gelar Sahur On The Road

Bogor, Patroli-
Dalam rangka pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1444 hijriah tahun 2023 yang jatuh pada hari Kamis (23/3), Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin menyampaikan larangan keras kepada masyarakat khususnya warga Kabupaten Bogor untuk tidak melakukan kegiatan sahur on the road (SOTR).

Menurutnya larangan bagi masyarakat untuk tidak menggelar SOTR karena dikhawatirkan akan menimbulkan potensi gangguan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

“Dengan banyaknya kerumunan, perkumpulan, gerombolan yang akan memicu terjadinya keributan antar warga masyarakat sekitar dan akan menarik tindakan kriminalitas di jalan raya,” ujar AKBP Iman Imannudin, di Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/3).

AKBP Iman Imannudin pun menegaskan kepada seluruh jajaran, baik tingkat Polres hingga Polsek di wilayah hukumnya untuk rutin melakukan monitoring guna memastikan tidak ada warga yang menggelar SOTR.

“Di seluruh wilayah warga Kabupaten Bogor, karena akan mengganggu ketertiban dan berkoordinasi bekerjasama melibatkan Instansi terkait baik TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan tingkat camat, kades, lurah, tokoh masyarakat, Jaringan Komunikasi Udara (JKU), Kelompok Sadar (Pokdar) dan para pemuda di wilayah masing-masing,” tandasnya.

Kapolres Bogor AKBP Dr. Iman Imannudin, S.H.,S.I.K.,M.H. (Foto: Dok./Ist.)

Lebih lanjut Kapolres Bogor juga mengemukakan, bahwa pihaknya akan melakukan kegiatan antisipasi keamanan berupa langkah-langkah pencegahan dengan menggelar patroli skala besar dan langsung melakukan pembubaran.

“Dan apabila tetap dilaksanakan kegiatan tersebut karena melanggar ketertiban masyarakat akan langsung ditindak tegas,” ucap AKBP Iman Imannudin.

Dirinya juga menambahkan, pelaksanaan patroli di seluruh wilayah jajaran akan dilakukan pemeriksaan sebagai pencegahan, diantaranya pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, pemeriksaan barang barang bawaan termasuk benda senjata tajam (sajam) dan lainnya.

“Akan langsung diamankan. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk keamanan bersama agar khusyuknya menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan ini dengan lancar, aman, dan nyaman,” pungkas Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin. (Red/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *