July 14, 2024

Bawaslu Kota Depok Temukan 224 Kotak Suara Rusak

Depok, Patroli-
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok terus melakukan pengawas jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah satunya melakukan pengawasan pada logistik pemilu di Kota Depok.

Diketahui, logistik Pemilu 2024 tahap 1 dan 2 telah dikirim ke gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok yang berada di Jalan Raya Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor. Logistik tersebut antara lain segel, kotak suara, bilik suara, tinta, karet gelang, lem dan sebagainya.

Wakil Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kota Depok Andriansyah mengatakan, hasil dari pengawasan didapati ratusan kotak suara mengalami kerusakan. Seperti mika pecah, lapisan kotak suara terkelupas maupun hancur.

“Tadi kami belum menghitung secara total, tadi juga ada 224 kotak suara dalam keadaan rusak. Kita belum dapat memastikan kotak suara yang rusak tersebut akan menambah jumlah kekurangan kotak suara di Kota Depok atau tidak,” ujarnya, dilansir berita.depok.go.id, Minggu (31/12).

“Sekarang lagi nunggu kekurangan kotak suara, kekurangan kotak suara hampir 434 kotak suara yang belum dirakit,” tambahnya.

Diketahui, KPU Kota Depok telah menerima kotak suara sebanyak 27.872 dan saat ini sedang dilakukan perakitan. Bawaslu Kota Depok telah memberikan masukan kepada KPU Kota Depok untuk percepatan perakitan kotak suara.

“Jangan sampai nanti menjadi kendala ketika sudah mendekati hari pencoblosan namun masih mencari kotak suara. Bawaslu Kota Depok akan terus melakukan pengawasan pendistribusian logistik Pemilu 2024 mulai dari gudang KPU hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tutup Andriansyah. (Fy/Foto: Ilustrasi/Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *